8 Tips Sehat Hilangkan Bau Mulut


Semua orang pasti pernah merasakan situasi yang tidak menyenangkan dan memalukan ketika dihadapkan pada masalah bau mulut. Hal ini dapat terjadi apabila ada sisa makanan di sela gigi, plak pada gigi, karang gigi dan kekurangan cairan di mulut.

Sedikit orang menyadari bahwa nafas mereka bau. Pasalnya kita tidak mudah mencium bau  nafas diri sendiri. Dilansir dari situs  boldsky.com pada 11 Januari 2016, berikut adalah 8 tips yang bisa dilakukan untuk membuat anda lebih percaya diri dan bebas bau mulut.

1. Kunjungi dokter gigi
Salah satu alasan nafas tak sedap bisa disebabkan oleh karang gigi atau penyakit dalam mulut, karena itu lebih cepat diperiksa ahli gigi akan lebih baik.

2. Sikat gigi dua kali sehari
Sikat gigi anda dua kali sehari untuk menghindari bau nafas. Jika masih bau, cobalah menambahkan baking soda pada saat menyikat gigi anda. Baking soda berfungsi untuk mengurangi asam mulut sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

3. Banyak minum air
Dehidrasi bisa memicu bau mulut. Banyak minum air putih juga dapat membersihkan  partikel makanan yang mungkin masih terperangkap di antara gigi dan memicu pertumbuhan bakteri. Karena itu dianjurkan untuk minum air setidaknya delapan gelas air sehari.

4. Sikat juga lidah anda
Ketika menyikat gigi, sikat juga lidah anda karena lidah juga membutuhkan perhatian khusus. Bakteri pada umumnya berkembang di lidah dan bisa memicu bau mulut.

5. Kunyah permen karet
Kunyahlah permen karet bebas gula untuk menstimulasi produksi saliva. Saliva berfungsi untuk mengusir bakteri di setiap partikel makanan.
6. Makan seledri
Seledri adalah sumber klorofil atau zat hijau daun yang baik. Selain itu sayuran  yang dipakai untuk campuran sop ini juga mengandung bahan alami untuk menyegarkan mulut.

7. Minum teh
Teh mengandung bahan anti bakteri yang membantu untuk membunuh mikroba yang menyebabkan bau mulut. Teh juga mengandung polifenol yang dapat menetralisir komponen sulfur dalam mulut yang bisa memicu timbulnya bau.

8. Gunakan floss
Floss adalah alat untuk membersihkan sela gigi menggunakan benang. Hal ini berguna untuk menghilangkan jejak makanan yang terjebak di antara gigi. Flossing secara teratur penting dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut dan menghindari penyakit gusi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.