Bertemu KH Ma'ruf Amin, Cagub Rano Diyakinkan Ayahnya Bukan PKI


Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Rano Karno dan Embay Mulya Syarief, bertemu dengan KH Ma'ruf Amin di Pesantren An Nawawi Tanara, Serang. Pertemuan dilakukan tertutup dan membicarakan mengenai tudingan PKI kepada sosok Soekarno M Noer, ayah dari Rano Karno.

"Alhamdulillah saya bangga dan bahagia beliau ingat kepada saya apalagi almarhum ayah saya," kata Rano didampingi Embay usai pertemuan tertutup dengan KH Ma'ruf Amin di Tanara, Serang, Banten, Selasa (7/2/2017). 

Menurut Rano, Ma'ruf ingat betul bagaimana almarhum Soekarno M Noer sebagai aktivis Lesbumi dan bukan dari Lekra. Apalagi menurutnya, selama ini ia difitnah sebagai anak PKI sebagai bahan kampanye pesaingnya. Makanya, ia mesti lapor dan bertemu dengan Ma'ruf.

"Beliau juga mengatakan kenal Jamaluddin Malik, Usmar Ismail. Ungkapan kenal bukan malam ini saja, tapi pada waktu haul Syekh Nawawi. Bapakmu temen saya. Udah entar saya ngomong bagaimana bapakmu di Lesbumi bagaimana," kata Rano menirukan perkataan dari Ma'ruf. 



Menurut Rano, Ma'ruf sempat bertanya bagaimana awalnya fitnah ayahnya bukan dari Lesbumi yang merupakan perkumpulan seniman Nahdlatul Ulama.

"Tentu saya ingin cari penguatan karena ini masalah harga diri. Kalau Anda mungkin orang tua dituduh seperti itu apa pun kita pertaruhkan. Masalahnya mereka tidak menunjuk saya langsung ini masalahnya. Mereka mencari alibi lain. Makanya beliau ceritanya bagaimana," ucapnya.

"Saya kaget beliau bilang begitu. Bapakmu temenku," kata Rano menirukan pernyataan Ma'ruf. 

Momen pertemuan ini menurut Rano sudah direncanakan sejak lama. Begitu ia meminta waktu dan diizinkan untuk bertemu, ia merasa bersyukur.

"Saya sangat tahu beliau siapa. Kalau beliau nggak merasa dekat tidak mungkin saya diterima. Bukan dekat karena saya gubernur tapi secara historis beliau dekat dengan seniman. Artinya beliau tahu tentang dunia kesenian. Itu yang membuat saya happy," ujar Rano. 

Selain bertemu untuk memastikan ayahnya adalah seorang seniman Lesbumi, Rano juga meminta doa dan nasihat agar Banten selalu damai dan tenang. Ia dan Embay tidak ingin mencari sesuatu tanpa diridai oleh Allah. 

Pantauan detikcom di Pesantren An Nawawi Tanara, Serang. Pertemuan dilakukan secara tertutup dimulai sejak pukul 22.00 WIB sampai 22.40 WIB. Pertemuan dilakukan di kediaman KH Ma'ruf Amin yang masuk dalam lingkungan pesantren. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.