Hal yang Wajib Anda Lakukan Setelah Berolahraga


Olahraga rutin adalah salah satu cara untuk menerapkan gaya hidup sehat. Dengan hanya menjaga pola makan saja tanpa melakukan olahraga tidak akan mendatangkan kesehatan yang maksimal bagi tubuh Anda.
Olahraga memang penting untuk melatih tubuh sekaligus mengusir kalori di dalam tubuh. Namun, sering kali orang lupa melakukan hal-hal yang sebenarnya wajib dilakukan sesaat Anda selesai berolahraga
Agar olahraga yang Anda lakukan mendatangkan manfaat seperti yang Anda inginkan, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal penting ini setelah berolahraga, seperti berikut.
Pendinginan
Meskipun Anda tergesa-gesa ingin segera menyelesaikan olahraga dan ingin segera menjalani aktivitas lain, namun pendinginan harus tetap dilakukan. Apalagi bila Anda melakukan olahraga yang cukup berat. Pendinginan berfungsi untuk 'menenangkan' denyut jantung yang sudah berpacu dengan cepat saat Anda melakukan olahraga. Saat melakukan pendinginan, lakukan juga peregangan sederhana untuk mengurangi penumpukan asam laktat.
Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Setelah melakukan olahraga, segera minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini terkadang masih sering dilupakan oleh sebagian orang. Padahal saat Anda mengeluarkan banyak keringat, maka mengisi kembali cairan tubuh sangatlah penting agar metabolisme tubuh tetap bisa berfungsi normal.
Mandi dan berganti pakaian
Meskipun terdengar sangat sederhana, pada kenyataannya banyak orang yang masih melupakan hal penting ini, terutama bagi orang yang tergesa-tesa. Mandi dan berganti pakaian sangat penting untuk menjauhkan tubuh dari bakteri. Keringat yang mengering dan baju yang lembap sangat rentan menjadi sarang bakteri.
Mengonsumsi makanan sumber protein
Agar otot-otot yang Anda gunakan setelah berolahraga kembali segar, disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber protein. Jumlahnya tergantung pada berat badan dan usia Anda, namun protein sebanyak kurang lebih 20 gram merupakan jumlah yang cukup untuk mengembalikan fungsi otot. Anda bisa mendapatkan protein dari daging, putih telur, keju, ikan, atau kacang-kacangan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.