Ada beberapa Aplikasi yang memang dibuat hanya khusus di Windows dan tidak akan berjalan di linux, Tapi sebagai user kita sangat membutuhkan aplikasi tersebut sedangkan komputer yang ada hanya ada sistem operasi Linux, Bagaimana caranya agar aplikasi tersebut dapat berjalan di linux, Ada beberapa cara untuk menjalankan Aplikasi tersebut diataranya :


Wine
Aplikasi Windows di Linux
Wine adalah salah satu software gratis untuk Linux yang dapat menjalankan aplikasi Windows di Linux. Wine pada dasarnya merupakan suatu implementasi API Windows di Linux. Memang tidak semua aplikasi Windows dapat di jalankan dengan Wine, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat dijalankan di Wine dapat dilihat di Wine Application Database. Biasanya Wine digunakan untuk menjalankan game di Linux, karena game biasanya tidak dapat dijalankan di Virtual Machine.

Berikut ini cara Install Wine lewat terminal di Ubuntu:

sudo apt-get install wine

Cara install Wine di Linux Mint:
1. Menggunakan apt-get (online installation)
     Buka Terminal (Ctrl + Alt + T, shortcut buka Terminal), ketik command line:

     $ sudo apt-get update
     $ sudo apt-get install wine

2. Menggunakan dpkg -i (offline installation)

    Pastikan kita sudah men-download wine beserta dependency-nya
    Tempatkan folder wine di Home (untuk memudahkan)
    Buka Terminal dan ketikkan command line

        $ cd wine
        $ sudo dpkg -i *.deb


PlayOnLinux
Aplikasi Windows di Linux
Alternatif lain dari Wine adalah PlayOnLinux, PlayOnLinux lebih seperti Google Play atau Software Center. Dengan PlayOnLinux aplikasi windows yang akan di install tinggal dipilih. PlayOnLinux lebih mudah digunakan, cukup cari software yang akan diinstall lalu klik install.

Berikut ini cara Install PlayOnLinux lewat terminal di Ubuntu:

sudo apt-get install playonlinux


Remote Desktop
Aplikasi Windows di Linux
Cara lain untuk menjalankan program Windows di Linux adalah dengan menggunakan Remote Desktop. Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna mengakses Windows dari jarak jauh. Untuk dapat mengakses Remote Desktop dari Linux, bisa menggunakan software rdesktop atau tsclient.

Berikut ini cara install RDesktop atau TSClient di Ubuntu:

sudo apt-get install rdesktop

sudo apt-get install tsclient


Virtual Machine
Aplikasi Windows di Linux
Jika menggunakan ketiga software diatas tidak berhasil, maka dapat juga menggunakan VirtualBox, VMware Player atau Virtual Machine lainnya untuk Linux. Dengan menggunakan salah software machine itu kamu dapat membuat komputer virtual yang berisi OS Windows. Jadi kamu menjalankan Linux sekaligus Windows secara bersamaan. Dengan begini kamu akan dapat menjalankan software Windows di Linux. Namun kekurangan dari menggunakan cara ini adalah terlalu banyak memakan memory CPU. Jadi komputer kamu akan bekerja sangat keras karena menjalankan 2 OS secara bersamaan. Jangan heran kalau tiba-tiba komputer kamu lemot.

sumber : http://www.swalt.info/os/linux/98-menjalankan-aplikasi-windows-di-linux.html



Posting Lama Posting Lebih Baru

Comments :

ada 0 komentar ke “Cara Install Software windows di Linux”

Poskan Komentar


Copyright © 2014 - Aldi Ferdiyan - My Facebook - Powered By Pasa Iklan / Pasang Iklan Gratis


"Cara Install Software windows di Linux"

Sewa Laptop Infonindo.com - Penyewaan Laptop - Sewa Laptop di jakarta - Warta kesehatan - Warta Sehat - Profil - Seks - alkes lab - Obat Penyakit Ibu Anak