by: Bung Tony
---------------------------------------------------
Jantungku belum siap. Pertama-tama aku merasa tak perlu bicara panjang lebar mengenai kesan seluruh penggemar One Piece terhadap chapter ini. Karena aku yakin semuanya sama, dan itu susah dijabarkan. Di atas Opic. Di atas Suppa. Di atas Awsum. Yah.. Pokoknya itulah. Haha. Aku bahkan sempat mikir tak ada kata yang bisa kutulis yang bisa membuat Chapter ini lebih baik lagi. Tapi pikiran itu kusampingkan bersamaan dengan terus kutulisnya review ini kata demi kata.

Ingat di review minggu kemarin saat aku membahas tentang Big Cards? Bagaimana Odacchi memiliki begitu banyak kartu besar yang masih dia simpan dengan baik di cerita fantasi ini. Minggu kemarin dia memainkan kartu besar bernama Armada kapal Big Mom, yang menjadikan chapter itu luar biasa. Heboh sangat. Bisa dikatakan Big Mom dan armadanya adalah kartu besar senilai Jack atau Queen. Tapi chapter ini lebih dari sekedar luar biasa. Lebih dari sekedar heboh sangat. Bukan sekedar Jack atau Queen, Oda langsung memainkan kartu AS! Kartu besar bernama SABO!!! Tak ada yang mengantisipasi kartu besar ini akan dimainkan langsung setelah dirinya memunculkan kartu besar lainnya minggu kemarin. Timingnya terlalu tiba-tiba. Beruntun. Mengangetkan semua orang. Hasilnya? Heboh luar biasa. Aku mengucapkan kata "Anjriit" lebih banyak dari yang bisa kuduga. Facebook dan Twitter-ku dibanjiri tentang Sabo dan Sabo. Dimana-mana. xD Simpel. 731 adalah chapter terbaik tahun ini. Atau 2 tahun ini? Atau setelah timeskip? Efek Sabo seluar biasa itu.

Kesampingkan Sabo, chapter ini memuat hal lain yang juga menarik untuk dibahas. Interaksi menarik antara Bartolomeo dan Bellamy memenuhi awal cerita. Penjelasan tentang SOP dan konfirmasi bahwa nama gadis loli itu adalah Sugar (yay!) sekaligus pemakan buah iblis Hobby Hobby no Mi dan merupakan anak buah Doflamingo paling berbahaya. Penjelasan tentang adanya pelabuhan bawah tanah di Istana Dressrosa yang luar biasa. Sampai kemunculan Koala yang sangat tak terduga-duga! Mengerti kan? Tanpa kemunculan Sabo pun chapter ini sebenarnya sudah sangat OPIC. Tapi rupanya orang bernama Eiichiro Oda merasa OPIC masih tidak cukup. Dia memunculkan Sabo, menjadikan chapter ini jauh berada di tingkat yang berbeda dari biasanya.

1. Coverstory volume terakhir! Si nenek ternyata menyadari sejak awal Caribou bukan cucunya. lol. Bahkan si nenek tahu kalau Caribou sedari awal adalah seorang bajak laut. Gaburu ternyata punya kuburan di pulau itu. Untuk menghargai tindakan heroik Caribou, si nenek menempelkan poster buronan sang Rookie di kuburan cucunya! Kenyataan bahwa si nenek sudah mengetahui identitas asli Caribou mengagetkan Coribou dan anggota bajak laut Caribou lainnya. Yang semula berpura-pura menjadi antek Gaburu.

Cerita ini akhirnya berakhir dengan tanggung. xD Sepertinya Odacchi berniat menampilkan kelanjutan kisah Caribou, X Drake dan Kaidou di cerita utama, bukan sekedar coverstory lagi. Itukah maksud semua tarik ulur cerita yang seolah-olah dipanjang-panjangkan ini? Bisa saja minggu depan Oda akan memunculkan adegan dimana X Drake dan Caribou tiba di hadapan Kaidou, menjadikannya chapter penutup tahun yang luar biasa bukan? Oh ya. Setelah sebuah Coverstory berakhir, Cover chapter biasanya diisi oleh Art-Request terlebih dahulu sebelum berlanjut ke coverstory lainnya. Menurut kalian siapa selanjutnya? Monet dan Vergo?

2. Bellamy babak belur! Apakah dia selemah itu? Ataukah karena terlalu kaget terhadap kenyataan dia limbung sehingga tidak berhasil melukai Dellinger sedikitpun? Mental Bellamy sepertinya jatuh saat mengetahui orang yang begitu dia idolakan memerintahkan pembunuhan terhadap dirinya. Walaupun dengan kondisi mental yang terombang-ambing, sepertinya pertarungan berjalan cukup alot karena terlihat kehancuran di sana sini akibat pertarungan di sepanjang jalan menuju gudang A tempat mereka berada sekarang. Terlihat kaki kanan Dellinger berlumuran darah, sementara kedua tangan dan kaki kirinya tidak ternoda. Apakah Dellinger adalah petarung khusus yang menggunakan kaki? xD Sayang sekali Petarung spesialis kaki kita sudah keluar dari panggung Dressrosa pekan silam. Si Kaki Hitam berada di panggung megah yang berbeda sekarang ini. Oh ya, darah Bellamy sepertinya bahkan sampai muncrat ke muka Dellinger.

Syukurlah Bartomoleo muncul di saat tepat. Perisai tak kasat mata menunjukkan kehebatannya. Dellinger tak bisa berbuat apa-apa di hadapan perisai itu! Bagaimana caranya menghancurkan perisai Barto? Apakah tebasan dengan Haki bisa membelahnya? Atau pukulan dengan Haki akan menghancurkannya berkeping-keping? Karena cara biasa takkan bisa menembusnya. Tinju Raja Elizabello saja tidak menggemingkan perisai itu sedikitpun. Brutal Force tak berdaya dihadapan perisai terkuat. Ujung-ujungnya Haki diperlukan untuk menyeimbangkan kekuatan buah iblis yang terlalu culas.

3. Bellamy dikesampingkan. Sesuai perintah Doflamingo, Diamante meminta Dellinger untuk menarik diri dan menuju Rumah Mainan. Melindungi pabrik Smile dari serangan yang akan segera datang. Dengan menggerutu Dellinger meninggalkan Bartolomeo dan Bellamy. Mengatakan bahwa dirinya takkan membiarkan mereka berdua meninggalkan Dressrosa hidup-hidup. Haha. Lumayan pede juga bocah ini dengan kekuatannya.

Kepribadian Bartolomeo sangat menarik untuk diperhatikan. Dia terkesan ikut campur duel Bellamy versus Dellinger. Tapi sebenarnya dia hanya melerai pertempuran. Kalau memang dia berniat membantu Bellamy, kurasa dia takkan hanya berdiri diam disana tanpa berniat menyerang balik Dellinger sama sekali bukan? Dia punya alasan untuk tidak membiarkan Bellamy tewas, tapi dilain sisi dia tidak punya alasan untuk menyerang balik Dellinger. Bertindak sewajarnya saja, tak sok pahlawan.

"Saat dua pria saling bertukar pukulan di atas arena, mereka menjadi seperti saudara bukan!? Aku mungkin bukan orang baik-baik, tapi aku tak pernah mengabaikan temanku"

Pemikiran yang sederhana, tapi luar biasa. Bartolomeo tahu pertarungan yang terjadi di atas ring bukanlah pertarungan yang bertujuan untuk saling bunuh, juga bukan pertarungan karena saling benci atau dendam. Orang-orang di atas arena mempertaruhkan nyawa dengan tujuan yang sama. Tak ada jahat atau baik di atas arena. Tak perlu ada dendam apapun hasil yang didapat. Menang ataupun kalah. Saat semua selesai orang-orang ini justru akan saling merespek satu sama lain. Dan saat ini Bartolomeo berusaha mengajarkan hal itu kepada Bellamy.

4. Adegan beralih ke Markas pasukan pemberontakan Riku di padang bunga. Penjelasan panjang lebar tentang strategi SOP! Dan walaupun beberapa kali ditanya apa itu kepanjangan SOP soldier-san mengabaikan pertanyaan tersebut. xD Ternyata Soldier-San punya kebiasaan mengabaikan pertanyaan orang lain saat dia sedang fokus membicarakan sesuatu. Ingat dia berkali-kali mengabaikan pertanyaan Usopp tentang siapa dirinya sebenarnya sebelum menjadi boneka. Haha. Seperti sosok orang tua yang akan marah saat ada orang yang menginterupsi ketika dirinya tengah menjelaskan sesuatu. Bedanya Soldier-San tidak marah, dia hanya mengabaikannya.

Pertama adalah penjelasan tentang adanya ruang bawah tanah raksasa di bawah Dressrosa. Besar sekali! Lebih besar dari bangunan istana dan beberapa kali lipat ukuran Colosseum! Ruang bawah tanah raksasa itu salah satu fungsinya digunakan sebagai lokasi pelabuhan dagang yang digunakan 'dunia bawah' untuk melakukan pertukaran ataupun tawar menawar. Jelas sudah 'pelabuhan' mana yang dimaksud Trebol di chapter 726 saat memerintahkan para boneka. Selama ini pelabuhan ini tidak diperlihatkan oleh Odacchi untuk kepentingan cerita, menjadikannya sebuah misteri. Tapi setelah terkuaknya tempat itu sekarang, bisa kalian bayangkan betapa sibuknya pelabuhan dagang bawah tanah itu sebenarnya? Jangan-jangan ada banyak nama besar 'dunia bawah' yang sedang berkeliaran? Jack misalnya? xD Jangan-jangan anak buah Kaidou sedang berada disana karena ingin membeli Buah Iblis Smile? Ataukan X Drake yang akan membeli Smile dari Doflamingo, setelah dia menuntaskan pemberontakan Caribou dipulau terdekat dia akan singgah ke Dressrosa? Toh kita asumsikan dia anak buah Kaidou sekarang. Ternyata Odacchi masih menyimpan bagian terbaik Dressrosa hingga mendekati klimaks begini. lol

Oh ya. Perhatikan di halaman 5 saat Soldier-San menunjuk tulisan SOP. Di sisi kanan ada tulisan menarik. Di atas 6F (6th Floor), 3F (3rd Floor) dan B3 (Bottom 3) yang sepertinya merepresentasikan lantai di Istana, ada tulisan ACE. Sengaja ya Odacchi? xD

5. Fungsi kedua ruang bawah tanah ini jelas adalah tempat dimana Pabrik Smile berada. Jika sebuah ruang segi empat di bayangan Soldier-san adalah pabrik tersebut, bisa disimpulkan ukuran pabrik itu 2 kali Colosseum. Entah berapa banyak yang bekerja disana, dari ras kurcaci saja kita ketahui ada 500 orang (iya sih tubuh mereka mini, tetap aja itu banyak). Selain ingin melihat bagaimana Oda menggambarkan pabrik ini nanti, aku juga penasaran bagaimana mekanisme kerjanya. Cara mengubah cairan SAD (buatan Caesar Clown) menjadi buah iblis buatan bernama SMILE (SAD-->SMILE). Apakah ada bahan tambahan khusus lagi yang diperlukan? Misalnya jiwa hewan? Kita tahu SMILE untuk sementara terbatas hanya buah iblis kelas Zoan. Jangan-jangan di pabrik itu juga akan ada kebun binatang yang berisi berbagai macam jenis hewan. lol.

Dan karena yang diperdagangkan di pelabuhan dagang 'dunia bawah' itu tak hanya terbatas SMILE, kita bisa mengharapkan banyak hal lainnya ada disana. Barangkali berbagai senjata berat. Senjata kimia. Senjata biologi atau obat-obatan. Apapun perdagangan ilegal lainnya. Kayaknya di Arc Dressrosa Odacchi berusaha membawa kita ke pintu masuk 'dunia bawah' Dunia Baru yang sangat kompleks. Cerita One Piece sekarang tidak terbatas hanya terjadi di permukaan. Banyak hal berseliweran di balik layar, dan itu perkembangan yang membuka kemungkinan-kemungkinan tak terbatas ke depannya!

Dan seperti yang bisa ditebak, Pasukan Kurcaci tidak akan melalui pintu masuk. Haha. Ngapain Lao G dkk menjaga pintu masuk kalau Pasukan Coup D'Etat melewati terowongan rahasia yang sudah digali selama setahun?

Ada Pandaman di halaman 6.

6. SUGAR!!! Opsir spesial keluarga DOflamingo di dalam Pasukan Trebol. Pemakan buah iblis Hobby Hobby no Mi. Gadis yang bisa mengubah siapapun yang dia sentuh menjadi mainan! Penampilan seperti anak-anak, tapi sepertinya dia berhenti menua setelah memakan buah iblis itu. Karena memiliki status yang sangat istimewa, Opsir tingkat tertinggi, Trebol selalu menjaganya.

Aku sempat berpikir kalau penyebab Sugar tidak menua adalah Syndrome X di review chapter 728, xD Ternyata Odacchi membuatnya lebih sederhana dari itu. Tapi sepertinya benar, selain penampilannya yang seperti anak-anak, mentalnya juga tetap anak-anak karena dia memakan buah iblis ini. Makanya Trebol yang diberikan kuasa untuk memerintahkan mainan yang dihasilkan oleh buah iblisnya. Trebol-lah yang memberikan perintah absolut terhadap mainan-mainan yang telah dibuat.

Selayaknya kekuatan buah iblis, pastilah ada kelemahannya. Pastilah ada cara melepaskan 'sihir'nya. Dan ternyata Hobby Hobby no mi akan terlepas seketika saat Sugar kehilangan kesadaran! Odacchi sepertinya tidak mau terlalu sadis dengan menganggap membuat Sugar 'kehilangan kesadaran' sudah cukup menghilangkan efek buah iblisnya.

Banyak yang terganggu dengan konsep 'Si pemakan kehilangan kesadaran efek buah iblis akan hilang' ini. Apa batas kehilangan kesadaran disana? Bukankah tidur juga masih masuk kategori? Tapi aku berusaha menjelaskan hal itu. Mungkin tidur tidak termasuk, karena saat tidur otak kita masih bekerja dengan normal. Sedangkan saat pingsan atau sekarat otak tidak bekerja sempurna karena suplai darah ke otak terganggu (Yang kuliah kedokteran bisa bantu?lol) . Jadi 'kehilangan kesadaran' yang dimaksud Soldier San disini adalah pingsan, sekarat atau tewas (tapi yang ini ga mungkin), kondisi dimana otak si pemakan buah iblis bekerja tidak normal. Saat kondisi seperti itu terjadi, buah iblis akan kehilangan efeknya. Hal serupa terjadi saat Noah terjatuh ketika Decken sekarat, dan buah iblis AIN (movie z) kehilangan efek setelah dia dikalahkan Zoro. Atau saat Art Art no Mi Jola kehilangan efeknya saat dia dikalahkan Brook. Sepertinya sekarang untuk lepas dari pengaruh buah iblis jauh lebih simpel.

Nah kemudian pertanyaan lanjutan. Bagaimana kalau Sugar pingsan tanpa sebab yang jelas? Misal dia jalan. Terus kepeleset kulit pisang. Terus kepalanya kebentur lantai. Terus dia pingsan. Apakah seluruh boneka akan kembali jadi manusia? Ga lucu kan rencana Doflamingo hancur berantakan karena sebuah kesialan bodoh? xD Itukah alasan kenapa Doflamingo memerintahkan Trebol untuk selalu menjaganya? Memastikan keamaan Sugar setiap saat? Menihilkan kemungkinan terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. Apakah tugas itu cocok untuk Trebol? Buah iblisnya kah?

7. Lateks. Orang Indonesia lebih familiar dengan sebutan 'karet', tapi sebenarnya maknanya berbeda. Lateks atau cairan getah pohon adalah cairan alami yang memiliki daya rekat, dan mudah menggumpal jika tersentuh udara. Benda ini juga memiliki kekenyalan/keelastisan yang sangat baik, tapi tidak sebaik Karet jadi yang telah diolah. Karena mengasumsikan Trebol adalah logia, aku mengesampingkan kemungkinan kekuatannya adalah lem yang tidak alami. Juga bukan lendir, karena terlihat di chapter ini cairan yang keluar dari tubuh Trebol menggumpal dan bisa diduduki sebuah boneka.

Kesimpulan yang kudapat adalah Trebol Logia lateks! xD Lateks asli alam (konsep logia), lateks punya daya rekat (saat Trebol bergelantungan di langit-langit dan menara, daya rekat juga digunakannya untuk menarik para gladiator dari penjara bawah), lateks beberapa saat setelah tersentuh udara akan menggumpal sendiri (sebuah boneka mendudukinya). Tambah lagi warna lateks alami mayoritasnya putih, seperti terlihat di chapter ini. Dengan kecepatan (Trebol sekejap mata muncul di hadapan Baby 5 setelah sesaat sebelumnya berada di atas menara) dan kemampuan buah iblis lateksnya, kurasa benar keputusan Doflamingo menyuruh Trebol untuk memastikan keamanan Sugar.

Tentu saja konsepnya berbeda dengan paramecia karet milik Luffy. Bisa dikatakan Trebol adalah bahan dasar pembuat Luffy xD lol.

8. SOP. (S)UGAR, (O)FF GUARD, (P)ANIC--Nama bodoh untuk sebuah strategi xD Sugar-Lengah-Kepanikan. Mungkin maksudnya membuat Sugar lengah sehingga kepanikan akan terjadi di seluruh Dressrosa. Tentu saja. Saat efek Hobby Hobby no Mi terlepas, tidak ada yang bisa menerka apa yang akan terjadi selanjutnya. Berapa banyak orang yang akan bergabung dengan pasukan Coup D'Etat? Apa pula yang akan mereka pikirkan? Aksi apa yang akan dilakukan? Bagaimana respon Doflamingo? Bagaimana dengan Marinir? Yang kita ketahui pasti hanyalah, negeri seketika itu juga akan berada dalam kepanikan masal. Entah kenapa seorang MAstermind seperti Doflamingo, rencananya bisa diputarbalikkan hanya oleh satu langkah pamungkas seperti ini. Terlalu berisiko. Kalahkan Sugar, maka rencana Doflamingo akan berantakan.

Usopp langsung bersemangat saat mengetahui musuh utama yang harus dikalahkan ternyata hanya seorang anak kecil. Suppa Franky memasuki mode 'Battle Hair'! Pasukan kurcaci akhirnya bersiap melancarkan Coup D'Etat setelah sebelumnya kebanyakan ngerumpi HERE YOU GO THE CLIMAX!! Tapi kurasa banyak orang lain di bawah tanah.

8. Kembali lagi ke dalam Coloseum. Luffy berlari kesana kemari dan tidak menemukan pintu keluar. Hingga salah masuk toilet. Sentuhan komedi kecil dari Oda saat orang yang didalam toilet meminta Luffy menutup kembali pintu yang dia buka. Kemudian Luffy bertemu dengan Bellamy dan Barto.

Si kepala ayam nyaris pingsan. Kekuatan tekad membuatnya bertahan. Tekad untuk berbicara dengan Raja Bajak Laut! Tak perlu kita bahas bagaimana kelakuan Bartolomeo di hadapan Luffy. Menatapnya saja tak mampu. Haha. Dia berkata dia ingin menjadi anak buah Luffy, anak buah disini bukan berarti nakama lo ya. Aku rasa sudah jelas apa peran Bartolomeo ke depannya. Menjadi aliansi yang bisa diandalkan.

Yang menarik adalah pernyataan Bellamy. Para petarung memasuki arena, tapi mereka tak pernah meninggalkannya. Tak peduli sekeras apapun mencari, takkan ada jalan untuk keluar. Apakah jalan masuk para peserta segera ditutup saat semua peserta masuk ke ruang tunggu? Mungkin dengan jeruji batu laut atau tembok yang sangat tebal. Padahal kita tahu Bastille menunggu tepat di depan pintu masuk Colosseum. Oh ya, Franky dan Soldier-san bisa keluar Colosseum dengan mudah karena mungkin daerah untuk penonton dan daerah untuk peserta berbeda. Jelas pintu keluar untuk penonton tidak ditutup.

Pernyataan Bellamy ini sangat menarik. Kita tahu Kinemon dan Zoro mendapati semua pintu masuk ke dalam Colosseum tertutup rapat saat mereka mau mencari Luffy. Tapi kenapa seseorang misterius bisa masuk kedalam? Ataukah sejak awal seseorang ini sudah ada di dalam? Bahkan lebih dahulu dari Luffy?

9. Angka. Luffy adalah peserta yang mendaftar terakhir di turnamen. Dan nomornya adalah 556. Ada 4 blok, seharusnya jumlah peserta masing-masing blok adalah 556 dibagi 4 = 139 Peserta. Kita anggap Spartan yang dibanting Luffy dan keluar dari permainan adalah Blok A, karena setelah itu dia diabaikan. Dan karena jumlah peserta di blok A tidak pernah disebutkan, kita asumsikan jumlahnya 138 peserta. Selanjutnya Capman (Maynard) dibantai Bartolomeo, jumlah peserta Blok B berkurang 1. Blok C dimana Luffy berada lengkap 139. Tapi kemudian Blok D disebut jumlahnya hanya 137! Ada dua orang yang menghilang. 1 orang bisa kita tebak adalah Gambia, nakama dari Bartolomeo yang dihajar Maynard. Tapi siapa satu lagi yang dikatakan Gatz si pembawa acara? Orang yang dikatakan didiskualifikasi karena tidak muncul? Apakah orang di blok D ini sebelumnya ingin tampil, tapi memutuskan mengurungkan niatnya setelah melihat pertarungan di Blok C? Karena melihat dengan mata kepala sendiri kalau adik angkatnya memenangkan blok itu?

Sekedar basa basi. Orang itu berkata..
"Aku takkan menyerahkan Mera Mera no mi kepadamu, Topi Jerami".

Bartolomeo langsung bereaksi. Berkata kasar terhadap orang itu, ceplas ceplos membeberkan identitas Luffy sebenarnya. Dan hubungannya dengan Ace si tinju api. Orang biasa akan kaget mendengar identitas asli Lucy.Tapi Sosok misterius tidak kaget. Tentu saja. Dia sudah tahu itu semua. Sejak lama sekali. Dia yang paling tahu hubungan antara Ace dan Luffy. Tidak ada yang lebih tahu dari orang ini.

Tenang sekali. Telapak tangan kanan diselubungi Busoushoku Haki Koka (Pengerasan), dengan sedikit dorongan Bartolomeo terpental jauh. Tanda-tanda sosok ini ahli Busoukoku Haki kah? Seolah-olah dia tak banyak usaha untuk menggunakan koka? Sehingga bisa menggunakannya di situasi biasa seperti itu? Itu bukan situasi dimana Bartolomeo harus menggunakan kekuatan Bari Bari no Mi. Itu juga bukan situasi dimana Koka seharusnya digunakan. Tapi rupanya dia sedikit terganggu dengan Bartolomeo, sehingga memutuskan untuk mementalkannya agak jauh agar dia bisa terus berjalan.. mendekat.

10. Odacchi main-main. xD Menurunkan tensi dia mengubah adegan ke blok D. Ayolah sensei!! Untuk saat ini tidak ada yang memperdulikan blok itu! Tak tahulah dimana ROlling Logan yang terus menerus mengejar Rebecca di chapter-chapter sebelumnya. Bantuan dari Gladiator Acilia hanya sedikit memberikan keuntungan kepada Rebecca. Karena Cavendish (sayang sekali) berada di blok yang sama. Tapi kita kesampingkan blok D! Ada yang jauh lebih penting dari itu!!! Jauh. Jauh. Lebih penting.

Sepertinya Luffy agak emosi dengan sosok yang mendatanginya. Mungkin karena sosok itu telah mendorong Bartolomeo. Bartolomeo bahkan senang melihat Luffy memarahinya. Tapi sesaat kemudian Luffy tertegun. Sepertinya sadar siapa yang sedang berdiri di depannya.

CRYING-FACE-FAULT satu halaman penuh!!! Ekspresi comical seribu arti. Oda berusaha menggambarkan emosi yang campur aduk di dalam diri Luffy. Kaget? Sudah pasti? Terharu? Ada air mata. Bahagia? Harusnya! Aku bahkan tidak bisa mengartikan ekspresi Luffy di halaman itu. Tak bisa membayangkan apa yang dia rasakan. lol

11. SAAAAAAAAAABOOOOOOOOOOOOOOOO!!!!!! Tak perlu banyak debat. 99 persen dialah sosok misterius itu. 1 persen kalau Oda berkehendak lain. lol. Banyak pertanyaan menyeruak sesaat setelah kelegaan terlepaskan. Kemana saja dia selama ini? Kenapa tidak pernah memberikan kabar? Kenapa dia tidak muncul di perang puncak?

Jawabannya sederhana sih menurutku. Karena dunia One Piece sangat luas, dan karena Sabo adalah Pasukan Revolusi. Segera setelah Sabo diselamatkan Dragon dari gempuran meriam Tenryuubito, pasukan Revolusi meninggalkan East Blue. Setelah itu tak ada tanda-tanda Sabo balik ke East Blue lagi untuk mengabari peristiwa sebenarnya terhadap kedua saudaranya bukan? Dunia One Piece tak punya sistem semudah internet. Tak ada sistem semudah surat menyurat antar negara. Jika Sabo di Grand Line, dia tak punya cara untuk mengabari kedua saudaranya di desa Fuusha. Begitu juga setelah dewasa, aku rasa Dragon memberikannya berbagai tugas penting di berbagai negara. Sehingga dirinya bahkan tidak bisa bertemu Ace yang lebih dulu pergi ke lautan dari Luffy. Itu pula yang terjadi saat Ace hendak dieksekusi. Koran tentang eksekusi Ace terbit seminggu sebelum waktu eksekusi. Luffy yang saat itu berada di Amazon Lily bahkan seharusnya tidak sempat tiba disana seandainya tidak mengikuti Arus Tarai. Nenek Nyon mengatakan jarak antara Marineford dan Amazon Lily lebih dari seminggu perjalanan. Bayangkan kalau Sabo sedang berada di belahan dunia yang lain? 0_0 Apa yang bisa dia lakukan? Aku sih membayangkan Sabo bersikeras tetap berangkat ke Marineford walaupun tahu dia takkan sempat. Walaupun mungkin pasukan Revolusi lain berusaha keras menahannya dan mengatakan hal itu sia-sia. Sabo akhirnya kembali lagi setelah membaca berita tentang kematian Ace sebelum mencapai tempat tujuan. Dengan kesedihan luar biasa tentunya.

12. Tak perlu panjang lebar membahas informasi di Databook yang menyatakan Sabo telah tewas. Sudah pernah kubilang Databook itu berfungsi sebagai review. Pengulangan cerita, bukannya memberikan fakta baru. Yang baru hanyalah data-data tambahan seperti nama-nama karakter yang tidak pernah disebutkan di Manga ataupun tanggal lahir mereka. Kalian pikir Oda-Sensei punya banyak waktu menulis buku seperti Databook? Jelas sekali bukan dia yang menyusunnya walaupun dia yang memberikan data-data (nama, tanggal lahir). Jadi saat beberapa bulan lalu orang-orang ngotot Sabo tewas karena Databook berkata seperti itu, aku agak kesal. xD Karena dijelaskan seperti apa juga tetap ngotot.

Yang pasti dia hidup sekarang. 99 Persen hidup. Bocah yang dimasa kecilnya sudah setara dengan Ace ini, bayangkan telah menghabiskan hidupnya selama belasan tahun dibawah naungan monster bernama Dragon? Monkey D Dragon!!! Orang paling dicari di dunia! Ini tidak tanggung-tanggung ini. Bayangkan sekuat apa Sabo sekarang? Sedikit ironi sih karena Luffy sendiri tidak pernah tahu siapa ayahnya xD

Dan bukan Bon clay tentu saja. Bon Clay ada di Impel Down sekarang (Cek coverstory chapter 666).

13. Dengan mengikuti Bellamy, Luffy berhasil menemukan jalan keluar Colosseum. Rupanya Kin dan Zoro sudah menunggu. Dengan kemampuan unik (buah iblis) Kin, mereka bisa berganti kostum. lol. Selera Kin yang kuno hampir saja mengungkap penyamaran mereka.

Tidak bisa berhenti menangis setelah pertemuan itu, Luffy membuat Zoro bingung. Luffy tak pernah menceritakan ke siapa pun tentang Sabo bukan? Aku menantikan saat dimana Luffy memperkenalkan kakaknya yang satu lagi ini kepada seluruh Topi Jerami. Pasti sangat epic.

14. KOALA! Wanita berumur 23 tahun dengan masa lalu sangat tragis ini muncul kembali! T-T Gadis yang saat umur 9 tahun berhasil kabur dari Mariejoa. Gadis yang menjalani masa kecilnya sebagai budak. Membuatnya menahan tangis dan terus tersenyum agar tidak terbunuh semasa kecilnya. Gadis yang mungkin merupakan satu-satunya manusia dengan lambang bajak laut matahari di tubuhnya. Gadis yang melambangkan persahabatan antara Ras Manusia Ikan dan Ras Manusia. MUNCUL! Seandainya tidak barengan dengan Sabo, dia harusnya mendapat sorotan yang lebih megah. xD Sayang sekali Sabo terlalu terang di chapter ini.

Dikatakan dia sekarang adalah asisten instruktur Fishman Karate dan juga seorang Revolusioner. Rupanya pasukan Revolusioner juga belajar Fishman karate ya? xD Ga mungkin kan Koala mengajar sembarangan orang. Dan karena Koala adalah seorang asisten, tentu ada instruktur yang sebenarnya. Yup! Hack! Berbicara misterius sebelumnya dengan seseorang, sepertinya bisa kita asumsikan dia adalah Revolusioner! Dan Instruktur yang mengajarkan Koala Fishman Karate! Karena sepertinya Koala tidak melupakan Hack yang sedang berada di penjara bawah, berarti Hack belum diubah menjadi mainan. Mungkinkah Hack bersembunyi diantara para boneka yang hancur? Karena hanya disanalah tempat bersembunyi di lubang pembuangan tersebut.

Dan menarik mengetahui Koala berteman baik dengan Robin. Sepertinya kisah Robin selama dua tahun bersama Revolusioner sedikit demi sedikit bisa kita ketahui.

15. "Aku kira dia akan menghajarku.."
"Kau menangis?"
"hiks*.. Mana mungkin!"
"Kau pergi kesana pun tak ada yang tahu pasti apakah akan merubah semua yang telah terjadi"
"Iya... Saat kamu mengetahui apa yang terjadi di bawah tanah. Segera hubungi."
"OKE"
"Ngomong-ngomong aku harus pergi. Dan mendapatkan Mera Mera no Mi Ace. Kamilah yang harus meneruskan hasrat orang ini.."

---

"Aku tak pernah berpikir dia masih hidup.. A.. Aku pikir dia.. Aku pikir dia.. TELAH TEWAS SELAMA INI"

Ditutup dengan sorotan terhadap 3 cangkir sake tanda persaudaraan. Simply Amazing. Suppa Awsum. Aku hampir meneteskan air mata (lol). Penantian panjang setelah chapter berjudul 588-Samudera Sabo yang rilis pertengahan 2010, hingga chapter 731 yang keluar Desember 2013! 3,5 tahun bro! Perdebatan Sabo hidup atau mati. Berakhir dengan bahagia.

16. "Ace, Luffy, apa kalian terluka saat kebakaran terjadi? Aku cemas, tapi aku yakin kalian baik-baik saja.. Maaf ya, tapi saat kalian membaca surat ini, aku sudah akan berada jauh di lautan.. Banyak hal yang terjadi, dan aku memutuskan untuk berlayar sesegera mungkin. Kemana aku berlayar.. Hmm.. Kemanapun yang penting bukan disini. Kemudian aku akan terus bertambah kuat dan akan menjadi Bajak Laut. Aku akan menjadi bajak laut paling bebas di seluruh dunia, bertemu kalian berdua di suatu tempat.. Aku yakin kita akan bertemu kembali suatu saat kelak, jauh di lautan yang luas dan bebas ini.

Dan--Ace.. Yang mana diantara kita berdua kakak yang lebih tua? Sedikit aneh bukan memiliki dua kakak dan satu adik? Apapun.. Ikatan antara kita bertiga adalah hartaku yang sangat berharga. Luffy masih seorang bocah yang cengeng. Tapi dia adalah adik kita.

Jaga dia untukku"

588-Samudera Sabo. Aku tidak perlu mengomentari surat di atas. My Heart is not ready.

17. Oda mempermainkan kita. xD Saat Luffy memutuskan untuk mengejar DOflamingo, otomatis orang-orang berpikir Odacchi akan mengabaikan turnamen. Toh sang tokoh utama sudah tidak ikut lagi. Tapi enak saja. xD Oda tak membiarkan turnamen pertama di Manga ini tersia-siakan. Karakter Lucy ternyata dibuat sejak awal tidak hanya untuk penyamaran, tetapi karakter Lucy Oda buat supaya Luffy bisa digantikan di tengah cerita!!! Genius Bastard. Direncakan sejak awal rupanya. Dan yang menggantikannya tidak tanggung-tanggung siapa. lol.

Bartolomeo langsung bersikap sok manis terhadap Kakak angkat idolanya xD Mungkin dia paham sekarang siapa Sabo. Aku ingin melihat reaksi orang-orang seperti Cavendish, Burgess dan DIamante saat mengetahui kalau Lucy sekarang diperankan orang berbeda. Dan si pemeran pengganti tak kalah kuatnya!!

Maaf ya Rebecca, Cavendish dan Burgess. Mera Mera no Mi kayaknya sudah kedatangan tuan yang paling pantas untuknya. Luffy secara gamblang mengatakan "Mera Mera no mi aman sekarang" padahal dia tahu ada Burgess disana. xD Ingat Luffy bisa merasakan sehebat apa Fujitora saat mereka pertama bertemu? Yup! Luffy bisa merasakan dimana level kekuatan Sabo berada!

Kemunculan Sabo mengecilkan peluang Rebecca bergabung dengan Topi Jerami. Bukan hanya Rebecca, bagiku sekarang takkan ada yang bergabung dengan Topi Jerami setelah Arc ini selesai. Haha.

Bellamy putus asa, tanpa tujuan. Kelihatannya dia akan melakukan hal yang menarik kedepannya. Revolusioner ikut ke papan permainan Dressrosa, rupanya semua pion yang ada masih belum cukup bagi Eiichiro Oda. Broker besar bernama Joker menarik banyak nama berkumpul di satu titik.

Aku rasa chapter depan kita langsung bergerak ke ruang raksasa di bawah tanah. Dan mungkin kita akan ditunjukkan para Broker dunia bawah yang sedang berada disana. Membuat situasi semakin pelik.

Mari berhitung. Bajak Laut Topi Jerami. Shichibukai (mantan) Trafalgar Law. Shichibukai Don Quixote DOflamingo. Keluarga Doflamingo. Caesar Clown. Kelompok Wano (Kin, Momo, Kanjuro), Admiral Fujitora, Marinir (LM Bastille), Cipher Pol Aegis 0, Armada Bajak Laut Big Mom, Jesus Burgess (Blackbeard), Bartolomeo, Cavendish, Bellamy, Happou Navy, Suku TOntatta, Keluarga Kerajaan Riku, seluruh nama besar di turnamen, dan SUPER DUPER AWSUM PASUKAN REVOLUSIONER AKHIRNYA BERGERAK SECARA NYATA!! SABO!! KOALA!!

I can't handle it. I can't

SALAM SUPPA. SALAM SUPPAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!

sumber: facebook.com/tonyohohoblog

luffy



Posting Lama Posting Lebih Baru

Comments :

ada 0 komentar ke “Ulasan One Piece Chapter 731”

Poskan Komentar


Copyright © 2014 - Aldi Ferdiyan - My Facebook - Powered By Pasa Iklan / Pasang Iklan Gratis


"Ulasan One Piece Chapter 731"

Sewa Laptop Infonindo.com - Penyewaan Laptop - Sewa Laptop di jakarta - Warta kesehatan - Warta Sehat - Profil - Seks - alkes lab - Obat Penyakit Ibu Anak