Penjelasan Function Di PHP

Function adalah sebuah nama yang kita berikan kepada 1 baris kode yang kita buat yang dapat kita pakai setiap kali kita membutuhkannya.  

Ini mungkin tidak tampak baik, tapi percayalah, ketika Anda memahami arti Function di PHP yang sesungguhnyaa, Anda akan dapat menghemat banyak waktu dalam menulis kode dan kode anda jauh lebih mudah untuk dibaca dan di kembangkan!


Berikut adalah penjelasan contoh untuk membuat Function, dalam artikel ini kita coba buat Function  artikel_saya

<?php  
function artikel_saya() 
{ 
    // di sini isi dari function
}
?> 
Catatan: nama Function Anda bisa dimulai dengan huruf atau underscore "_", tapi tidak boleh angka!

Sekarang kita merangkak lebih jauh dalam menggunakan function,

oke pertama kita akan membuat sebuah kode di dalam function, agar dapat kita ambil berulang -ulang kali sesuai dengan kebutuhan.
<?php  
function artikel_saya($nilai) // menempatkan argument pada function dengan nama $nilai
{ 
   $hasil = $nilai + nilai; // menambahkan argument $nilai ( di tambah )
   return $hasil; // mengembalikan hasil dari $nilai + $nilai / argument + argument
}
?> 
dan sekarang untuk memanggil function yang sebelumnya telah kita buat adalah sebagai berikut :
<?php  

echo artikel_saya(1)."<br>";
echo artikel_saya(2)."<br>";
echo artikel_saya(3);

// output
// 2
// 4
// 6
?> 
yup.. contoh di atas pasti sudah bisa di mengerti, dan ini full code nya :
<?php  
function artikel_saya($nilai) // menempatkan argument pada function dengan nama $nilai
{ 
   $hasil = $nilai + nilai; // menambahkan argument $nilai ( di tambah )
   return $hasil; // mengembalikan hasil dari $nilai + $nilai / argument + argument
}

echo artikel_saya(1)."<br>";
echo artikel_saya(2)."<br>";
echo artikel_saya(3);

// output
// 2
// 4
// 6
?>
Dalam contoh kode di atas mungkin memang belum begitu bermanfaat, namun PERCAYALAH, jika anda mendalaminya dan menggunakan Function Function dalam pembuatan code anda, anda akan merasa lebih mudah, apalagi jika code anda sampai ribuan, dan banyak code-code anda yang berungkali anda buat, ini sangat bermanfaat ..

untuk selanjutnya sebaiknya anda mempelajari OOP PHP, yang merupakan kumpulan dari function function yang di letakan didalam satu buah class dan dapat anda panggil jika anda membutuhkannya, kelebihan menggunakan class jauh lebih banyak dari pada anda menggunakan code biasa dan mengulang-ngulang code yang telah anda buat..

oke sekian aja .. sampai jumpa .. :)

indahnya berbagi :)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.