Silakan lihat info lebih banyak di "Kami Jasa Penerjemah bahasa Mandarin tersumpah" ...


Bahasa Mandarin memiliki tempat tersendiri di era globalisasi sekarang ini. Minat untuk belajar bahasa dari negeri tirai bambu ini semakin meningkat. Banyak sekolah menengah ke atas memasukkan bahasa dari negeri tirai bambu ini ke dalam kurikulum pendidikan yang wajib dipelajari. Banyak pula perusahaan atau instansi yang membutuhkan keahlian bahasa dari negeri tirai bambu ini, walaupun minimal pasif, tapi tetap saja itu merupakan hal yang penting.
Urgensi Kemampuan Bahasa Mandarin

Seorang guru besar dari salah satu Universitas di Taiwan mengatakan bahwa abad XIX adalah abad Inggris, abad XX adalah abad Amerika Serikat dan abad XXI adalah abad Cina. Oleh karena itu, bahasa dari negeri tirai bambu ini sudah menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris. Menguasai bahasa ini berarti mendapatkan kunci untuk menuju keberhasilan dalam hidup kita.

Seperti yang kita ketahui, kini Cina semakin maju dan berkembang. Dengan jumlah penduduk hingga 1,3 miliar jiwa, Cina memiliki sumber daya manusia yang melimpah sehingga murah dibayarnya. Inilah salah satu faktor pemicu tumbuhnya sektor industri di negeri tirai bambu ini. Pabrik-pabrik menjulang di seantero negaranya, dan berbagai negara asing berlomba-lomba menanam investasi karena melihat masa depan cerah di negeri tersebut. Hasilnya, perekonomian Cina semakin kuat. Mereka pun semakin aktif melakukan perdagangan internasional, dengan bahasa Inggris dan bahasa mereka sendiri: bahasa Mandarin.

Lambat laun, bahasa tersebut semakin banyak dituturkan; hingga menjadi bahasa internasional kedua yang paling banyak digunakan setelah bahasa Inggris. Indonesia pun turut terlibat di dalam kemajuan ekonomi Cina. Perusahaan-perusahaan Cina mulai masuk ke tanah air, begitu juga dengan produknya. Mereka membutuhkan tenaga kerja Indonesia dengan kemampuan berbahasa asli Cina. Sejak saat itu, mulailah kemampuan bahasa dari negeri tirai bambu ini menjadi salah satu syarat melamar kerja di berbagai perusahaan. Para pencari kerja dan profesional pun mulai berlomba-lomba melengkapi dirinya dengan kemampuan bertutur menggunakan bahasa dari negeri tirai bambu ini.
Mengenal dan Mempelajari Bahasa Mandarin

Mempelajari bahasa ini berarti juga mempelajari hurufnya, yakni huruf kanji. Konon, bahasa ini merupakan salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia. Namun, dengan kemauan kuat dan usaha yang gigih, lambat laun Anda akan merasa bahwa bahasa ini tidak sesulit yang dikatakan orang. Yang pertama harus dipahami saat hendak belajar bahasa ini adalah mengenal huruf dan fonemnya.

Jika pada huruf Latin kita mengenal fonem ‘a’ sampai ‘z’, pada bahasa ini terdapat bo, pho, mo, fo, te, the, ne, le, ke, khe, he, ji, qi, si, zhr, chr, dan shr(atau biasa ditulis b, p, m, f, d, t, n, l, g, k, h, j, q, x, zh, ch, dan sh. Ada juga fonem-fonem vokal, yakni a, o, e, i, u, ΓΌ, ai, ei, ao, dan ou. Pengajar yang baik biasanya memberi pelafalan fonem-fonem tersebut sebagai pembelajaran dasar. Di awal pembelajaran, Anda mungkin akan merasa kesulitan mengucapkan fonem-fonem tersebut. Namun jangan khawatir, semakin sering Anda berlatih dan mendengar guru Anda mengucapkannya, Anda pun akan semakin mahir.

Terkait pemaknaan dan struktur kalimat, bahasa dari negeri tirai bambu ini seperti bahasa Indonesia, tidak memiliki bentuk past tense (kata kerja berubah) atau past continuous tense seperti bahasa Inggris. Yang agak sulit adalah bahasa ini memiliki empat (4) nada yang dipakai untuk membedakan arti.

Secara umum, ada 4 nada yang dipergunakan, yakni nada pertama yang datar, nada kedua yang naik, nada ketiga yang turun naik, dan nada keempat yang turun. Berlatihlah mengucapkan kata-kata dengan nada tersebut setiap hari. Dengarkan nada saat guru Anda berbicara atau gunakan rekaman dialog untuk mengetahui dan membiasakan diri menggunakan nada-nada berbicara tersebut. Pembelajaran nada ini penting, karena salah nada dan pelafalan akan menyebabkan salah makna dalam kata.

Belajar bahasa dari negeri tirai bambu ini bukan hanya belajar pinyin (standar pelafalan dan penulisan internasional menggunakan huruf Latin), tetapi kita juga harus belajar penulisan hanzi (huruf Kanji). Huruf Kanji menggambarkan simbol dari kata yang dimaksud. Seperti contohnya, kata “lapar”, dalam huruf hanzi terdiri dari dua (2) simbol yaitu simbol dari "nasi" dan "mulut", jadilah artinya lapar.

Lepas dari kesulitan dan kemudahannya, jika kita ingin jadi pribadi yang maju dan berkembang, mempunyai niat untuk belajar bahasa ini, maka kesulitan itu tidaklah menjadi penghalang niat kita. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita ditentukan oleh pandangan atau paradigma yang kita miliki.

Apabila kita berpikir bahwa bahasa Mandarin itu sulit untuk dipelajari, maka itulah yang akan terjadi. Namun sebaliknya, jika kita berpikir bahwa belajar bahasa dari negeri tirai bambu ini tidaklah sulit, maka belajar bahasa dari negeri tirai bambu ini akan menjadi sesuatu yang mudah bahkan menyenangkan.
Tips Belajar Bahasa Mandarin

Jika Anda berniat mempelajari bahasa ini sebagai bekal menuju keberhasilan, ikutilah tips berikut ini agar pembelajaran bahasa ini menjadi lebih mudah dan tidak terasa memberatkan:


Tanamkan pada diri Anda bahwa bahasa ini bukanlah bahasa yang sulit untuk dipelajari.


Jangan bosan berlatih, teruslah berbicara, mendengar, dan menulis dalam bahasa ini. Seperti bahasa lainnya, kemampuan berbahasa akan hilang jika tidak pernah atau jarang digunakan.


Ikuti kursus bahasa Mandarin. Saat ini tempat kursus bahasa dari negeri tirai bambu ini sudah menjamur di mana-mana. Bahkan tak sedikit tempat kursus bahasa Inggris juga membuka kurikulum untuk bahasa ini. Biayanya bervariasi dari yang mahal hingga yang murah.


Belilah buku pembelajaran praktis. Saat ini buku-buku belajar, seperti metode cepat menguasai bahasa atau penguasaan bahasa ini sudah menjamur. Anda pasti akan menemukan banyak buku seperti ini di toko buku. Buku ini cukup mudah dimengerti karena menyajikan kosa kata dalam Hanzi, pinyin, berikut artinya dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Buku belajar seperti ini biasanya melampirkan rekaman audio untuk membantu proses pembelajaran dalam melatih pendengaran.


Jangan pelit untuk membeli kamus bahasa Indonesia – Mandarin untuk menunjang proses pembelajaran. Anda bisa baca-baca dan pasti menemukan kata-kata baru dalam perbendaharaan kata Anda.


Perbanyak menonton film Mandarin dalam bahasa aslinya. Ini sangat dianjurkan untuk melatih bicara dan mendengar pelafalan bahasa dari negeri tirai bambu ini. Saat ini pun sudah banyak film Mandarin dijual dalam bentuk VCD atau DVD. Menonton film Mandarin ibaratnya sambil menyelam minum air, Anda bisa belajar sekaligus sebagai hiburan.


Carilah teman untuk berlatih berdialog; bisa teman kursus atau teman internasional yang Anda kenal melalui dunia maya. Anda diharapkan mengambil setiap kesempatan untuk berbicara atau menulis dalam bahasa dari negeri tirai bambu ini. Misalkan, Anda ingin menulis note di kalender, tulislah dalam bahasa tersebut. Atau Anda sedang berkaca melihat hasil riasan Anda hari itu, ucapkanlah “Hao kan!” yang artinya “tampan sekali!” atau “wo shi zhen de hen piaoliang” artinya “aku benar-benar cantik!”.


Yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti bisa. Jangan menganggap pembelajaran ini sebagai beban.Itulah beberapa informasi seputar pembelajaran bahasa Mandarin; keutamaan dan tipsnya. Satu hal yang patut diingat bahwa mempelajari bahasa asing bukan hanya dapat membekali diri Anda dengan kemampuan bilingual, tetapi juga dapat mengasah otak Anda agar tidak lekas pikun.




Posting Lama Posting Lebih Baru

Comments :

ada 0 komentar ke “Belajar bahasa Mandarin”

Poskan Komentar


Copyright © 2014 - Aldi Ferdiyan - My Facebook - Powered By Pasa Iklan / Pasang Iklan Gratis


"Belajar bahasa Mandarin"

Sewa Laptop Infonindo.com - Penyewaan Laptop - Sewa Laptop di jakarta - Warta kesehatan - Warta Sehat - Profil - Seks - alkes lab - Obat Penyakit Ibu Anak